travel alhijaz, paket umroh murah 2017, umroh desember 2017, paket umroh januari 2017, paket umroh februari 2017, paket umroh maret 2017, daftar haji plus, jadwal keberangkatan umroh, kontak travel alhijaz, alamat kantor travel alhijaz, lokasi kantor travel alhijaz, travel alhijaz indowisata| travel umroh haji plus di jakarta utara, jakarta timur, jakarta barat, jakarta selatan, biaya promo paket umroh murah bulan desember 2016-2017 flight by Saudi Airlines | Travel Umroh Alhijaz Indowisata direct madinah

Spesial PROMO UMROH 2017 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur | Harga Paket Umroh Murah Promo 2017 Adab Makan Dan Minum Yang BenarPromo Paket Umroh Murah 2017 | Travel Umroh Jakarta Timur Adab Makan Dan Minum Yang BenarPromo Paket Umroh Murah 2017 | Travel Umroh Jakarta Timur

PAKET UMROH 2016-2017

Kamis, 30 April 2015

Cara Makan dan Minum Menurut Rasullulloh Shollallahu Alaihi Wasallam


Paket Umroh Bulan Ramadhan. Islam menganjurkan umatnya supaya makan yang halal lalu bergizi. Halal bertanda tdk ada larangan syar’i tuk menikmatinya, baik dikarenakan sifat benda yang dimakan ataupun cara mendapatkannya. Bergizi artinya memuat zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, karbohidrat, protein, dan lemak. Dgn kita menentukan makanan yang bener, diharapkan bisa jadi sumber energi yang dapat mendorong kita tuk berbuat kebajikan. Oleh demikian, makanan ini punya keberkahan bagi hidup kita. Selain memilih makanan yang benar, sewaktu kita makan juga dianjurkan dengan beradab yang baik. Firman Allah SWT : “Makanlah makanan yang halal lagi baik melalui apa yang Allah sudah rezekikan kepadamu, lalu syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah “. (An Nahl :114)

Adab Makan Dan Minum Yang Benar

Keterangan Adab Makan lalu Minum dalam Islam

Melalui bahasa, adab berarti kehalusan kemudian kebaikan budi pekerti. Kesopanan tdk semata-mata diterapkan di dalam pergaulan aja. Makan dan minum juga memerlukan peraturan lalu kesopanan. Islam sudah mengasuh tata cara makan lalu minum sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Makan lalu minum yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW yaitu ketentuan yang perlu diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Makan lalu minum yang baik harus diawali dan diakhiri dengan bacaan doa.

Makanan dan Minuman yang masuk di dalam tubuh kita wajiblah makanan lalu minuman yang halal lalu benar, yaitu makanan yang bermanfaat buat tubuh kita. Makanan dan minuman yang halal dan benar akan berdampak baik jua bagi pikiran dan pekerjaan manusia sehari-hari. Makanan yang benar maka akan berguna bagi tubuh dan bisa memperoleh pikiran yang benar jua. Begitu jua sebaliknya, makanan yang haram bakal berdampak negatif bagi tubuh lalu pikiran. Allah SWT memberikan kebebasan untuk manusia guna menikmati seluruh makanan dan minuman yang benar yang ada di muka bumi ini, selama tdk ada batas yang melarangnya. Firman Allah SWT : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang sudah Allah halalkan kepada kamu, dan janganlah kamu  melampaui batasan. Senyatanya Allah tak menyukai orang-orang yang melampaui batasan". (Ali-Imran : 147)

Adab Makan serta Minum Rasulullah SAW

Rasulullah SAW sudah mencontohkan untuk umatnya metode Adab Makan dan Minum yang benar :

Adab Sebelum Makan serta Minum

  • Mencuci kedua tangan
  • Mencuci mulut ataupun berkumur
  • Membaca basmalah sewaktu hendak makan lalu mengakhirinya dengan membaca hamdalah, hadist yang menerangkan atas membaca basmalah sebelum makan lalu minum merupakan : “Dari Aisyah ra, ia berkata : “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah menyebut asma Allah ta’ala. Dan apabila lupa menyebut asma Allah ta’ala pada mulanya, hendaklah ia mengucapkan bismillahi awwalahu wa akhirahu”. (HR. Abu Dawud)
  • Membaca doa, salah satu doa yang dibaca sebelum makan lalu minum adalah : “Ya Allah, jadikanlah rezeki yang sudah Engkau limpahkan untuk kami rezeki yang berkah, dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka”.
Paket Promo Umroh Murah 2015 di Jakarta
Adab Saat Makan dan Minum

  • Makan serta minum wajib dengan duduk
  • Sewaktu makan tak boleh berbicara
  • Makan melalui tangan kanan
  • Saat makan diharuskan nyaman, tdk boleh tergesa-gesa, makanan tdk boleh tercecer.
  • Tak boleh makan sambil berjalan
  • Makan secukupnya gak usah berlebihan, makan berlebihan dianggap israf, lalu israf itu dilarang oleh agama Islam maka ambillah secukupnya aja sesuai hanya kebutuhan. Firman Allah SWT : ”Makan lalu minumlah, tetapi janganlah berlebih-lebihan. Sebetulnya Allah tdk mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan”.  Sabda Nabi Muhammad SAW : ”Tidaklah anak cucu Adam memasukan wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sesungguhnya sedikit suap aja sudah layak buat menegakkan tulang rusuknya. Bilamana dia mesti mengisinya, maka sepertiga tuk makanan, sepertiga tuk minuman, selanjutnya sepertiga lagi tuk bernafas”. (HR. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)
  • Hendaklah waktu makan tdk mendiskusikan urusan buruk
  • Mengambil makanan ataupun hidangan yang dekat serta tdk meraih makanan di tempat yang jauh, sebagai pertanda qanaah
  • Bilamana makan secara bersama-sama, dilarang mengambil lagi makanan, kecuali jika telah mendapat izin
  • Mulailah tuk mengambil makanan melalui pinggir lalu dilarang dari tengah
  • Tak boleh mencela makanan namun sunah tuk memujinya
Travel Umroh Dian Cahaya
Adab Sesudah Makan serta Minum 

  • Sehabis makan serta minum sebaiknya membaca doa : “Seluruh puji tuk Allah yang sudah memberikan makan serta minum lalu sudah menjadikan kami sebagai orang Muslim”.
  • Mencuci tangan, Nabi Muhammad SAW bersabda : ”Barangsiapa tertidur sedang pada kedua tangannya terdapat bekas gajih, kemudian ketika bangun pagi dia menderita sebuah penyakit, maka hendaklah dia tdk mencela melainkan dirinya sendiri”. (Riwayatkan Nasa’i dari Aisyah ra)
  • Membersihkan lalu mencuci peralatan yang digunakan tuk makan


Moga-moga kita tetap ada di dalam Ajaran Islam yang lurus dan benar serta tetap mengikuti Sunah-Sunah Nabi SAW. Amin. Paket Umroh Bulan Ramadhan

0 komentar:

Posting Komentar