travel alhijaz, paket umroh murah 2017, umroh desember 2017, paket umroh januari 2017, paket umroh februari 2017, paket umroh maret 2017, daftar haji plus, jadwal keberangkatan umroh, kontak travel alhijaz, alamat kantor travel alhijaz, lokasi kantor travel alhijaz, travel alhijaz indowisata| travel umroh haji plus di jakarta utara, jakarta timur, jakarta barat, jakarta selatan, biaya promo paket umroh murah bulan desember 2016-2017 flight by Saudi Airlines | Travel Umroh Alhijaz Indowisata direct madinah

Spesial PROMO UMROH 2017 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur | Harga Paket Umroh Murah Promo 2017 Adab Yang Benar Ketika Makan Dan MinumPromo Paket Umroh Murah 2017 | Travel Umroh Jakarta Timur Adab Yang Benar Ketika Makan Dan MinumPromo Paket Umroh Murah 2017 | Travel Umroh Jakarta Timur

PAKET UMROH 2016-2017

Jumat, 01 Mei 2015

Adab Rasullulloh Shollallahu Alaihi Wasallam Ketika Makan dan Minum

Paket Umroh Bulan Mei 2015. Islam menganjurkan umatnya agar makan yang halal lalu bergizi. Halal bertanda tdk ada larangan syar’i buat menikmatinya, baik karena sifat benda yang dimakan maupun cara mendapatkannya. Bergizi artinya mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh layaknya vitamin, karbohidrat, protein, dan lemak. Dengan kita menunjuk makanan yang bener, diharapkan dapat seperti sumber energi yang bakal mendorong kita agar berbuat kebajikan. Dgn demikian, makanan itu mengantongi keberkahan tuk hidup kita. Selain mencari makanan yang baik, ketika kita makan jua dianjurkan dgn beradab yang baik. Firman Allah SWT : “Makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah sudah rezekikan kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah “. (An Nahl :114)

Adab Yang Benar Ketika Makan Dan Minum

Keterangan Adab Makan serta Minum di dalam Islam

Melalui bahasa, adab berarti kehalusan dan kebaikan budi pekerti. Kesopanan tdk sekedar diterapkan dalam pergaulan saja. Makan dan minum pun memerlukan ketentuan lalu kesopanan. Islam sudah mengasuh tata cara makan lalu minum sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Makan lalu minum yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW adalah aturan yang harus diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Makan lalu minum yang baik mesti diawali dan diakhiri dengan bacaan doa.
Makanan dan Minuman yang sampai dalam tubuh kita haruslah makanan lalu minuman yang halal lalu baik, diantaranya makanan yang berguna bagi tubuh kita. Makanan dan minuman yang halal dan baik dapat berdampak baik pula tuk pikiran dan kegiatan manusia sehari-hari. Makanan yang baik maka akan bermanfaat tuk tubuh dan dapat menghasilkan pikiran yang baik pula. Begitu pula kebalikannya, makanan yang haram akan berdampak negatif tuk tubuh lalu pikiran. Allah SWT menyediakan kebebasan buat manusia guna menikmati segenap makanan dan minuman yang baik yang ada di muka bumi ini, selama tdk banyak batasan yang melarangnya. Firman Allah SWT : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang sudah Allah halalkan kepada kamu, dan janganlah kamu  melampaui batas. Sebetulnya Allah tidak mencintai orang-orang yang melampaui batas". (Ali-Imran : 147)

Adab Makan serta Minum Rasulullah SAW

Rasulullah SAW sudah mencontohkan pada umatnya bagaimana Adab Makan dan Minum yang tepat:

Adab Sebelum Makan serta Minum
  • Mencuci kedua tangan
  • Mencuci mulut maupun berkumur
  • Membaca basmalah ketika hendak makan lalu mengakhirinya melalui membaca hamdalah, hadist yang menjelaskan atas membaca basmalah sebelum makan lalu minum ialah : “Dari Aisyah ra, ia berkata : “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah menyebut asma Allah ta’ala. Dan jika lupa menyebut asma Allah ta’ala di mulanya, hendaklah ia mengucapkan bismillahi awwalahu wa akhirahu”. (HR. Abu Dawud)
  • Membaca doa, salah satu doa yang dibaca sebelum makan dan minum ialah : “Ya Allah, jadikanlah rezeki yang sudah Engkau limpahkan pada kami rezeki yang berkah, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka”.
Paket Promo Umroh Murah 2015 di Jakarta
Adab Waktu Makan dan Minum
  • Makan serta minum harus dgn duduk
  • Waktu makan tdk boleh berbicara
  • Makan melalui tangan kanan
  • Waktu makan harus tenang, tdk boleh tergesa-gesa, makanan tdk boleh tercecer.
  • Tdk boleh makan sambil berjalan
  • Makan secukupnya ngak usah berlebihan, makan berlebihan dianggap israf, lalu israf ini diharamkan oleh agama Islam lalu ambillah secukupnya saja sesuai dgn kepentingan. Firman Allah SWT : ”Makan lalu minumlah, tetapi janganlah berlebih-lebihan. Sebetulnya Allah ngak mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan”.  Sabda Nabi Muhammad SAW : ”Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dalam perutnya. Sebetulnya sedikit suap saja sudah layak buat menegakkan tulang rusuknya. Bila dia hendak mengisinya, lalu sepertiga buat makanan, sepertiga buat minuman, setelah itu sepertiga lagi buat bernafas”. (HR. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)
  • Hendaklah waktu makan ngak mendiskusikan perkara buruk
  • Mengambil makanan maupun hidangan yang dekat lalu ngak mengapai makanan di tempat yang jauh, selaku pertanda qanaah
  • Bila makan bersama, diharamkan mengambil lagi makanan, kecuali bila sudah mendapatkan izin
  • Mulailah buat mengambil makanan dari pinggir lalu dilarang dari tengah
  • Tdk boleh mencela makanan tapi sunah agar memujinya
Travel Umroh Dian Cahaya
Adab Sesudah Makan serta Minum 
  • Sehabis makan serta minum harusnya membaca doa : “Segala puji bagi Allah yang sudah menyediakan makan serta minum selanjutnya sudah menjadikan kami menjadi orang Muslim”.
  • Mencuci tangan, Nabi Muhammad SAW bersabda : ”Barangsiapa tertidur sedang dalam kedua tangannya terdapat bekas gajih, lalu waktu bangun pagi dia menderita sebuah penyakit, lalu hendaklah dia tdk mencela melainkan dirinya sendiri”. (Riwayatkan Nasa’i dari Aisyah ra)
  • Membersihkan lalu mencuci peralatan yang dipergunakan buat makan
Mudah-mudahan kita selalu ada dalam Ajaran Islam yang lurus dan tepat serta selalu menjejaki Sunah-Sunah Nabi SAW. Amin. Paket Umroh Bulan Mei 2015

0 komentar:

Posting Komentar