travel alhijaz, paket umroh murah 2017, umroh desember 2017, paket umroh januari 2017, paket umroh februari 2017, paket umroh maret 2017, daftar haji plus, jadwal keberangkatan umroh, kontak travel alhijaz, alamat kantor travel alhijaz, lokasi kantor travel alhijaz, travel alhijaz indowisata| travel umroh haji plus di jakarta utara, jakarta timur, jakarta barat, jakarta selatan, biaya promo paket umroh murah bulan desember 2016-2017 flight by Saudi Airlines | Travel Umroh Alhijaz Indowisata direct madinah

Spesial PROMO UMROH 2017 | Travel Umroh AlHijaz Indowisata Jakarta Timur | Harga Paket Umroh Murah Promo 2017 Batu Hajar Aswad Adalah Batu Dari SurgaPromo Paket Umroh Murah 2017 | Travel Umroh Jakarta Timur Batu Hajar Aswad Adalah Batu Dari SurgaPromo Paket Umroh Murah 2017 | Travel Umroh Jakarta Timur

PAKET UMROH 2016-2017

Senin, 01 Juni 2015

Asal Usul Hajar Aswad


Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015. Diyakini sebagai batu surga, Hajar Aswad akan menjadi saksi kita dalam akhirat kelak. Oleh karena itulah, meskipun sunah hukumnya, ribuan jamaah haji berusaha sekuat tenaga agar dapat menciumnya. Walau hanya sunah, setiap jamah haji tetap berusaha agar sebisa mungkin bisa mencium Hajar Aswad (batu hitam). Selain diyakini bagaikan batu surga, konon, Hajar Aswad kelak bakal menjadi saksi kita dalam akhirat.

Batu hajar aswad merupakan batu yang berasal dari surga

Paket Umroh Murah Akhir Tahun 2015

Berada pada sudut selatan Kabah pada ketinggian 1,10 m dari lantai Masjidil Haram, batu hitam berukuran 25 x 17 cm itu kerap menarik minat jamaah haji. Mereka berjuang tuk dapat menciumnya, atau setidaknya dapat ber-ihtilam (menyalaminya atau mencium tangan waktu tawaf).

Walau demikian, untuk melakukan ritual ini (mencium Hajar Aswad), tiap orang dituntut kesabarannya, mengingat penuhnya jamaah haji yang mempunyai niat serupa. Karena itu, gak dibenarkan kalau kita memaksakan agar menciumnya sembari menyakiti jemaah yg lainnya. Manalagi kalau kondisi ini memicu keributan dgn sesama jamaah. Di lain pihak, dikarenakan hukumnya tidak wajib melainkan sunah, sejauh ini Pemerintah Arab Saudi gak menyajikan sarana sebagaimana tawaf dan sa’i.

Paket Umroh Liburan Akhir Tahun

Apa makna di balik prosesi mencium Hajar Aswad? Konon, mencium Hajar Aswad ialah lambang perjanjian kita dgn Allah SWT. Hajar Aswad melambangkan “tangan Allah”. Mencium Hajar Aswad-baik dari dekat maupun dari jauh melambangkan perjanjian kita dgn “menjabat” tangan Allah. Seakan-akan kita berkata, “Ya Allah, saya berjanji bahwa dimulai sekarang saya sudah masuk ke dalam lingkaran-Mu, dan gak akan pernah keluar dari lingkaran-Mu tersebut”. Karena itu, apabila muncul kesempatan selanjutnya kemampuan, setiap jamaah disunahkan agar mencium Hajar Aswad.

Pada Awal Mulanya Berwarna Putih

Menurut sejarahnya, Hajar Aswad ialah batu yang diberikan Malaikat Jibril kepada Nabi Ismail AS saat diperintah mencari batu oleh ayahnya, Nabi Ibrahim AS yg hendak meninggikan Kabah. Kala tersebut, Hajar Aswad menyala-nyala dikarenakan saking putihnya. Cahayanya menyinari Barat selanjutnya Timur.

Akan tetapi kenapa Hajar Aswad masa ini berwarna hitam? Hadir beberapa versi tentang kondisi tersebut. Hajar Aswad ini bertukar warnanya menjadi hitam pekat hal ini karena diduga kuat gara-gara peristiwa kebakaran dimana terjadi pada zaman Quraisy selanjutnya di era Ibnu Zubair. Akibatnya Hajar Aswad mengalami keretakkan dimana lalu diikat oleh Ibnu Zubair dgn perak ketika ia merenovasinya.
Paket Umroh Promo Murah 2015 di Jakarta
Versi yang lain menyebutkan, berubahnya warna Hajar Aswad melalui semula abyad (putih) menjadi aswad (hitam) hal ini karena dosa-dosa anak cucu Adam. Pada kaitan tersebut ada sabda Rasulullah SAW dimana maksudnya, “Hajar Aswad ini diturunkan dari surga, berwarna lebih putih dari susu. Dosa-dosa anak cucu Adam-lah yang menjadikannya hitam”. Dimana yg benar? Wallaahua’lam.

Di dalam kaitan versi kedua, Ibnu Zhahirah mengingatkan bahwa dosa-dosa anak manusia saja sanggup menghitamkan batu, manalagi pengaruhnya dengan hati manusia. Itu jelas menjadi peringatan kepada anak cucu Adam supaya cuma pada Allah SWT sajalah kita bertumpu.

Hajar Aswad yg masa ini ialah 8 bongkahan kecil gara-gara pecahnya batu yg semula besar. Kedelapan bongkahan ini masih tersusun tertib pada tempatnya seperti akhir-akhir ini. Pecahnya batu ini terjadi pada zaman Qaramithah, ialah sekte dari Syi’ah Al-Bathiniyyah untuk pengikut Abu Thahir Al-Qaramathi yg mencabut Hajar Aswad selanjutnya membawanya ke Ihsa’ di dalam tahun 319 Hijriyah. Namun batu ini dikembalikan lagi pada tahun 339 Hijriah.
Travel Umroh Dian Cahaya
Gugusan yg terbesar berukuran sebuah kurma dimana tertanam pada batu besar lainnya selanjutnya dikelilingi dari ikatan perak inilah yg senantiasa dirindui setiap muslim agar dapat menciumnya. Batu yg berada pada lingkaran perak itulah yg diusahakan jamaah haji tuk dapat menciumnya, tidak batu yg berada di sekitarnya.

Dalam perkembangannya, Hajar Aswad pernah mendapatkan renovasi pada zaman Raja Fahd, tepatnya pada bulan Rabiul Awal 1422 Hijriyah. Sekarang, setiap thn menjelang musim haji, Hajar Aswad hendak senantiasa dibersihkan berbarengan dgn pencucian Kabah. Pada kali inilah, biasanya Pemerintah Arab Saudi memberikan kesempatan kepada tamu-tamu kerajaan agar menyaksikan pencucian Kabah sekaligus mencium Hajar Aswad. Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015

0 komentar:

Posting Komentar